Resep Membuat Tumis Bunga Pepaya Buncis Wortel Khas NTT

Resep Tumis Bunga Pepaya Buncis Wortel Khas NTT – Jaman dulu, bunga pepaya masih dijadikan mainan oleh anak-anak, terutama yang suka main masak-masakan. Ya, bunga pepaya dijadikan bahan pembuat sayuran. Tapi, siapa sangka kalau ternyata di beberapa tempat bagian dari pohon pepaya tersebut dijadikan bahan makanan.

Salah satu makanan yang mengadopsinya sebagai bahan adalah resep tumis bunga pepaya buncis wortel khas NTT. Perlu diketahui, bunga pepaya ini memiliki manfaat dan kandungan gizi. Ia bisa memperbaiki dan meningkatkan nafsu makan serta menangkal radikal bebas. Jadi, biasanya bunga pepaya dijadikan obat bagi orang yang sakit dan mengakibatkan nafsu makan hilang.
Tumis Bunga Pepaya Buncis Wortel Khas NTT
Tumis Bunga Pepaya Buncis Wortel Khas NTT 
Sedangkan manfaatnya sebagai penangkal radikal bebas berkaitan dengan peran bunga pepaya dalam ‘mengolah’ antioksidan. Jadi, antioksidan inilah yang akan menangkal radikal bebas akibat polusi dan sebagainya. Sehingga Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Nah, karena manfaatnya yang begitu banyak Anda harus mencoba olahannya dengan resep tumis bunga pepaya buncis wortel khas NTT.

Membuatnya sangatlah mudah, kok. Sayur-sayuran yang tadi telah disebutkan, seperti wortel, buncis dan bunga pepaya diolah bersama se’i sapi. Daripada lama-lama, pantengin terus resep tumis bunga pepaya buncis wortel khas NTT.

Bahan Tumis Bunga Pepaya Buncis Wortel


  • 5 ons bunga pepaya
  • 2 ons buncis, diiris tipis
  • 2 ons wortel, diiris memanjang korek api
  • 2 ons sei sapi, diiris tipis
  • 2 buah tomat sedang, diiris tipis
  • 2 buah cabai merah, diiris tipis
  • 4 siung bawang putih, diiris tipis
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tumis Bunga Pepaya Buncis Wortel


  1. Pertama, bahan-bahan dan bumbu harus dipersiapkan dulu sebelum proses pengolahan tumis bunga pepaya ini
  2. Kedua, alangkah baiknya bunga pepaya, irisan buncis, wortel dan tomat dicuci bersih juga. Tiriskan airnya
  3. Lalu, panaskan minyak goreng sekitar empat sendok makan saja. Masukkan irisan bawang putih dan goreng hingga harum serta menguning
  4. Kemudian, tambahkan cabai merah dan irisan tomat sambil tetap diaduk
  5. Selanjutnya, masukkan irisan se’i sapi yang sudah siap bersama bunga pepaya, wortel serta buncis
  6. Berikutnya, untuk memberi rasa silahkan menambah garam serta penyedap rasa. Takarannya sesuai selera
  7. Terakhir, angkat dan sajikan tumis bunga pepaya buncis wortel di piring saji

Baca Juga : Resep Membuat Sayur Daong Popaya Khas Sulawesi Utara
Sebenarnya di Kalimantan Selatan sudah ada tumis buncis semacam ini. Tapi, tentu saja menggunakan sayuran yang berbeda. Tak dipungkiri juga, meskipun bumbu yang digunakan sama pasti hasil akhirnya berbeda. Ingat, rasa makanan dipengaruhi oleh kokinya! Jadi, apabila Anda mengolah hidangan tradisional seperti resep tumis bunga pepaya buncis wortel khas NTT ini harus benar-benar dengan hati. Supaya rasanya tidak membuat orang lain cepat bosan. Salam koki!

Related Posts

Post a Comment