Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Daging Merpati

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Daging Merpati – Burung merpati hinggap di dahan, kecantikannya sangat menawan. Selain cantik, burung merpati yang berbadan gempal dan berleher pendek ini bisa dikonsumsi, lho. Terbukti di beberapa rumah makan banyak yang menyediakan olahan lalapan merpati.
Daging Merpati
Daging Merpati
Harganya memang mahal, tapi mengingat rasanya yang juga sangat enak, pembeli pun tak segan-segan mengeluarkan kocek-nya. Apalagi dengan adanya manfaat dan kandungan gizi dari daging merpati, membuat mereka mulai mempertimbangkannya lagi. Mari tengok manfaat serta tips memilih daging merpati yang baik di bawah ini!

  1. Kaya Protein
    Per 100 gram daging merpati, terkandung 17,5 gram protein. Jumlahnya tidak jauh berbeda dengan manfaat dan kandungan gizi dari daging sapi, yakni 18,8 gram. Seperti pembaca tahu, bahwa protein sangat berperan sebagai zat pembangun dan bila dikonsumsi secara teratur dan cukup, akan membantu pertumbuhan anak-anak serta remaja.

    Protein juga menjadi zat pendukung metabolisme, terutama dalam setiap aktifitas organ tubuh pembaca. Lalu juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, memproduksi enzim yang baik, menyehatkan kuku dan rambut serta membuat Anda jadi semangat dan tidak lelah.
  2. Kandungan Mineral
    Selenium

    Peran mineral selenium adalah sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas, mengurangi peradangan sendi dan nyeri otot, meningkatkan fungsi tiroid, menurunkan resiko penyakit kanker dan jantung serta melindungi tubuh dari perubahan warna rambut dan kulit.

    Zinc
    Zinc dalam daging merpati memiliki manfaat, di antaranya meningkatkan kekebalan tubuh, penyembuhan luka serta kemampuan indera penciuman. Selain itu, mampu mendukung pertumbuhan sel, menormalkan gula darah, mengurangi depresi, membuat nafsu makan jadi normal dan mencegah penyakit kulit, seperti kutil. Zinc juga sangat baik dikonsumsi anak-anak, terutama dalam masa pertumbuhan.

  3. Manfaat Lainnya
    Kandungan gizi daging merpati tidak hanya protein dan mineral saja, melainkan masih banyak. Masing-masing nutrisi tersebut memiliki perannya sendiri-sendiri, seperti meningkatkan memori, mengatur gula darah, menurunkan tekanan darah, mengoptimalkan fungsi ginjal dan hati serta meningkatkan kecerdasan otak anak.

    Selain itu, hati merpati juga mengandung kolin yang membantu tubuh dalam memanfaatkan kolesterol serta mencegah radang pembuluh darah (aterosklerosis). Tulangnya juga mampu memperbaiki sirkulasi darah dan meningkatkan elastisitas kulit.

  4. Kandungan Lemak
    Lemak pada kulit merpati cukup tinggi, sehingga kurang baik dikonsumsi tanpa diimbangi makanan bergizi yang lain.

Resep spesial dan kaya gizi yang bisa kamu praktekkan di rumah : Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Daging Domba

Merpati muda atau squab yang berusia 28-30 hari memiliki daging yang cukup banyak diminati, karena masih empuk dan tulangnya juga lunak dibanding merpati dewasa. Tapi, sebenarnya perbedaan tekstur daging merpati juga dipengaruhi lingkungan tempat hidupnya. Merpati yang diternakkan cenderung memiliki daging yang lebih empuk dibandingkan merpati yang hidup di alam bebas. Semoga manfaat dan kandungan gizi dari daging merpati di atas membantu dan salam masakan!

Related Posts

Post a Comment